HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 3.83.188.254
Pengunjung : 243.870


Newsflash :
BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH             |             PROFICIAT KEPADA SD TARAKANITA 3 JAKARTA ATAS PRESTASINYA MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA             |             PROFICIAT KEPADA SD DAN SMP SINT CAROLOS BENGKULU ATAS PRESTASINYA MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA             |             PROFICIAT ATAS TERSELENGGARANYA KONFERENSI NASIONAL GURU SMP, SMA, SMK PENGAMPU UJUAN NASIONAL YG DISELENGGARAKAN DI TDC 2 SURABAYA, 26-28 NOVEMBER 2019             |            

SEJARAH TK SANTO YOSEF LAHAT


        Kota Lahat terletak di persimpangan jalan  menuju ke Palembang, Tanjung Karang dan Lubuk Linggau. Kota  Lahat penting karena sejak dulu menjadi pos militer maupun polisi di Sumatera Selatan. Kota ini juga merupakan tempat perbaikan semua gerbong kereta api di Sumatera Selatan. Letak kota di dataran rendah, kurang lebih 225 km dari kota Palembang.
      Para Imam Hati Kudus telah berkali – kali mencoba mencari Suster untuk stasi Missie mereka di Lahat Sumatera Selatan. Pada waktu Pimpinan Missie mengadakan perjalanan visitasi ke rumah-rumah biara bagian Timur, juga visitasi ke Bengkulu, beliau menanggapi permohonan Pastur untuk melihat lingkungan sekitar. Mdr.Gaudentia berangkat ke Lahat, dan hatinya menjadi berkobar ketika menyaksikan hamparan ladang karya. Bagaimanapun tertinggalnya keadaan di situ, harus ada tempat untuk ” Onder de Bogen.”
     Tidak lama kemudian, Para Imam Hati Kudus, akan mendapatkan bantuan serta dukungan dari mereka yang berani dan berjiwa bakti untuk tanah Missie. Suster suster Cintakasih dari Maastricht akan berangkat ke Lahat. Para suster yang mendaftarkan diri dengan sukarela, diperiksa kesehatannya apakah cukup sehat untuk bekerja di daerah tropis.
        Pada tanggal 21 Mei, pada hari raya ” Kenaikan Tuhan ke Surga”, mereka berangkat melalui Brussel, Paris dan Marsille. Pada tanggal 11 Juni, setelah menempuh perjalanan yang aman dan lancar, mereka berlabuh di Batavia. Mereka tinggal di situ kurang lebih tiga minggu lamanya, lalu melanjuttkan perjalanan ke stasi Missie yang baru dengan membawa aneka macam kebutuhan.
       Di setasiun Lahat Moeder dan para Suster disambut hangat oleh Bapak Uskup, para Imam, para Pejabat dan serombongan anak –anak kecil, yang akan menjadi murid-murid para suster. Awal Juli sekolah akan dimulai dengan murid-murid yang terdiri dari anak-anak Tionghoa, penduduk setempat dan beberapa anak-anak Belanda. Mereka belum mempunyai gedung Sekolah, namun menggunakan tempat kosong sebagai ruang kelas. Pada tanggal 17 Agustus 1936, dimulailah pula Taman Kanak-kanak, dengan muridnya yang kecil-kecil dan berkulit coklat.
     Sekolah ini berjalan dengan baik sampai pecah perang pasifik. Dalam masa pendudukan Jepang, sekolah ini ditutup karena Suster-suster harus masuk kamp tahanan. Pada tahun 1943, pimpinan umum Tarekat, Muder Emmanuel, datang ke Indonesia dan beliau meninjau Sumatera bersama Muder Laurentia untuk merencanakan  pembukaan kembali sekolah milik Tarekat di Sumatera Selatan. Dalam satu tahun kompleks Santo Yosef telah selesai dibangun kembali. Karya pendidikan yang semula berbentuk HGS, dibuka kembali  bahkan  menjadi SD dan SMP, sedangkan Taman Kanak-kanak masih bergabung dengan SD Santo Yosef dengan Kepala Sekolah yang sama. Pada bulan Juli 1990, Tk Santo Yosef mulai mandiri sampai saat ini.